Rabu, 27 Oktober 2010

Tugas Pengantar Bisnis minggu ke 2


1. Pengembangan UKM yang progresif dimungkinkan karena berbagai faktor yaitu: (1) sebagaian besar UKM mengandalkan bahan baku lokal untuk mengembangkan usahanya, (2) tidak memerlukan sumberdaya manusia yang terlatih dan terspesialisasi tinggi, (3) pengembangan teknologi yang bersifat spesifik lokasi akan membantu meningkatkan efisiensi dan daya saing, (4) sebagian besar produk maupun jasa yang dihasilkan tidak memerlukan hi-tech, dan (5) fluktuasi nilai tukar dollar Amerika terhadap rupiah tidak mempengaruhi proses produksi karena berbahan baku lokal, bahkan merupakan blessing indisguise terutama UKM yang berorientasi ekspor, seperti halnya UKM-UKM di Bali.
2. Contoh letak perusahaan :
  1. Letak perusahaan yang terkait dengan alam yaitu, letak perusahaan yang pada umumnya karena ketersediaan dan kemudahan bahan baku. Misalnya Perusahaan penambangan emas.
  2. Letak perusahaan berdasarkan sejarah yaitu, perusahaan yang menjalankan aktivitasnya di suatu daerah tertentu karena alas an yang hanya dapat di jelaskan oleh sejarah. Misalnya perusahaan batik banyak didirikan di Yogyakarta dan solo.
  3. Letak perusahaan yang ditentukan oleh pemerintah yaitu perusahaan yang letaknya di tetapkan oleh peraturan pemerintah demi keamanan dan kebersihan lingkungan. Misalnya peternakan ayam harus jauh dari pemukiman manusia.
  4. Letak perusahaan yang dipengaruhi faktor-faktor ekonomi yaitu pemilihan letak yang bersifat industri adalah kedekatan dan ketersediaan bahan mentah, tenaga kerja.
3. Tujuan perusahaan adalah untuk mempertahankan eksistensinya. Dalam hal ini perusahaan menciptakan laba, menciptakan pelanggan dan menjalankan upaya-upaya pemgembangan dengan memusatkan kepada kebutuhan masyarakat.
4. lingkungan internal adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
lingkungan eksternal adalah perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan.
5. variabel variabel yang mempengaruhi suatu perusahaan :
  • Lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
a. Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• Keadaan alam: SDA, lingkungan.
• Politik dan hankam: kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam negara dimana perusahaan berada menciptakan.
• Hukum
• Perekonomian
• Pendidikan dan kebudayaan
• Sosial dan budaya
• Kependudukan
• Hubungan internasional.
b. Lingkungan eksternal mikro, adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
• Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
• Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
• Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
• Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
  •  Lingkungan Internal
Lingkungan internal adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Contoh :
• Tenaga kerja
• Peralatan dan mesin
• Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
• Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
• Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
6.  Producer Oriented Approach adalah Pendekatan, lebih menekankan pada usaha dan penerapan langkah-langkah atau cara kerja dengan menerapkan suatu strategi dan beberapa metode yang tepat, yang dijalankan sesuai dengan langkah-langkah yang sistematik untuk memperoleh hasil kerja yang lebih baik. Sedangkan, Consumer Oriented Approach adalah salah satu metode promosi yang paling efektif di antara metode-metode promosi lain nya, dimana dalam personal selling terjadi interaksi secara langsung antara penjual dengan calon konsumen sehingga tenaga penjual sebagai wakil dari produsen dapat membutuhkan kebutuhan calon konsumen dengan produk yang ditawarkannya dan pada akhirnya akan mengarah pada terjadinya transaksi penjualan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar