Senin, 01 November 2010

Tugas Pengantar Bisnis Minggu 4

Nama : Wulan Ratnasari
Kelas : 1EB18
Npm : 28210580

1. Sebutkan perbedaan wiraswasta dengan wiraswastawan serta unsure apa yang dimiliki wiraswasta !

Perbedaan seorang wiraswastawan dengan seorang wirausahawan adalah wirausahawan cenderung bermain dengan resiko dan tantangan. Artinya wirausahawan lebih bermain dengan cara memanfaatkan peluang-peluang tersebut. Sedangkan wiraswastawan lebih cenderung kepada seseorang yang memanfaatkan modal yang dimilikinya untuk membuka suatu usaha tertentu.

UNSUR YANG DIMILIKI WIRASWASTA
• Unsur kemampuan
• Unsur keterampilan
• Unsur kewaspadaan

2. Bagaimana perkembangan franchising di Indonesia searching di Internet !

Bisnis Waralaba di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Seiring dengan perkembangan pesat ini, banyak pertanyaan mengenai apakah Master Franchise itu? Master Franchise adalah hak yang diberikan kepada penerima waralaba dari pemberi waralaba untuk membuka dan mengelola bisnis waralaba-nya dalam suatu wilayah tertentu. Penerima waralaba ini diberikan juga haknya untuk memberikan/menjual hak waralaba lanjutan kepada penerima waralaba lain di wilayahnya tersebut. Untuk itu master franchisee ini disebut Penerima Waralaba Utama.


3. Beri 5 contoh riil usaha franchising yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, salon dan perawatan, makanan dalam negeri / lokal, dan otomotif !
• Pendidikan : IEC, Primagama, ILP, Nurul Fikri, EF(English First)2.
• Kesehatan : Apotek The Medicine Shoppe, Hip Hot - Women's Fitness, Meji Mejiku Nail Salon, Rebel Gym, Sinergi Fitness Center3.
• Salon dan perawatan : Rudy Hadisuwarno, VZ Skincare, Alex’s Salon Professional, Ristra, Esther House of Beauty4.
• Makanan dalam negeri / local : Tela Krezz, Macdonald, Bakmi Gajah Mada, Solaria, KFC5.
• Otomotif : Raja Motor, King Auto Interior, LIC Triple Polish, CheapNclean, Autocare Centre, C3 Care Center

4. Jelaskan perbedaan antara kewirausahaan dengan bisnis kecil dengan contoh kasus yang nyata !

Kewirausahaan adalah tindakan menjadi seorang pengusaha, yang merupakan kata Perancis yang berarti "orang yang melakukan inovasi , keuangan dan ketajaman bisnis dalam upaya untuk mengubah inovasi menjadi barang ekonomi. Sedangkan bisnis kecil dioperasikan dan dimiliki secara independen serta tidak mendominasi pasarnya. dengan sejumlah kecil karyawan dan volume relatif rendah dari penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar